TUGAS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
TENTANG
OBSERVASI SUMBER DAYA MANUSIA DI SMKN 6 SURABAYA
Oleh :
Achmad Andriawan (098554263)
Yusril Rosyid Kurniawan (098554280)
Bangun P (098554304)
Eva Yuliana (098554309)
Dema Agustina (098554322)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
PRODI TATA NIAGA
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa kami panjatkan, karena atas karunia dan rahmatnya, maka penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.
Harapan saya makalah ini dapat menjadi tugas yang sesuai kriteria dosen. Dengan selesainya makalah ini tidak terlepas dari kerja keras kami dan sumber-sumber referensi sebagai acuan penulisan dan kami hanya dapat menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang ikut berpartisipasi.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih terdapat banyak kekurangan untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan demi perbaikan penyusunan makalah ini dimasa mendatang mohon saran dan masukan untuk melengkapinya.
Surabaya, 10 November 2011
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya suatu organisasi mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara sumber daya manusia dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas).
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Dalam makalah ini di bahas tentang manajemen sumber daya manusia di sebuah organisasi sekolah. SMKN 6 Surabaya adalah salah satu SMK unggulan di Surabaya yang berlokasi di Jl.Margorejo Indah, SMKN 6 mempunyai jurusan anatara lain akomodasi perhotelan, jasa pariwisata, jasa boga, patiseri, kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata busana, dan multimedia. Di antara jurusan tersebut terdapat jurusan yang paling menonjol atau jurusan favorit yaitu akomodasi perhotelan dam multimedia. SMKN 6 Surabaya mempunyai 26 pagu, yang setiap pagunya menampung 36 siswa.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada di atas maka penulis mencoba mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana proses manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan di SMKN 6 Surabaya?
1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud dibuatnya makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan di SMKN 6 Surabaya. Sedangkan tujuan dibuatnya makalah ini adalah memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.
BAB II
HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN
HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN
SMKN 6 Surabaya adalah salah satu SMK unggulan di Surabaya yang berlokasi di Jl.Margorejo Indah, SMKN 6 mempunyai jurusan anatara lain akomodasi perhotelan, jasa pariwisata, jasa boga, patiseri, kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata busana, dan multimedia. Di antara jurusan tersebut terdapat jurusan yang paling menonjol atau jurusan favorit yaitu akomodasi perhotelan dam multimedia. SMKN 6 Surabaya mempunyai 26 pagu, yang setiap pagunya menampung 36 siswa.
2.1 JURUSAN DI SMKN 6 SURABAYA
2.1.1 Akomodasi Perhotelan Tujuan program keahlian Akomodasi Perhotelan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : PARIWISATA Program Keahlian : Akomodasi Perhotelan Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. 5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran. 2.1.2 Usaha Perjalanan Wisata Tujuan program keahlian Usaha Perjalanan Wisata membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : PARIWISATA Program Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. 5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.
2.1.4 Restoran Tujuan program keahlian Restoran membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : TATA BOGA Program Keahlian : Restoran Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. Chef : Siswa jurusan tata boga menunjukkan keahliannya dalam mengolah makanan dalam suatu perlombaan. 2.1.5 Tata Busana Tujuan program keahlian Tata Busana membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: • Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana; • Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat; • Menggambar macam-macam busana sesuai kesempatan; • Menghias busana sesuai desain; • Mengelola usaha di bidang busana. STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : TATA BUSANA Program Keahlian : Tata Busana Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. Cantik dan Anggun : Para model dari SMKN 6 Surabaya unjuk kebolehan dalam aksi panggung yang memamerkan hasil design busana karya siswa SMKN 6. 2.1.6 Tata Kecantikan Rambut Program keahlian Tata Kecantikan Rambut membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: 1. Menerapkan pengetahuan Anatomi dan Fisiologi Kecantikan ; 2. Menentukan Kosmetika Kecantikan; 3. Merawat kulit wajah; 4. Merias wajah; 5. Merawat kulit kepala dan rambut secara kering; 6. Merawat tangan dan kaki (menicure dan pedicure); 7. Merawat tubuh; 8. Mengelola Salon Kecantikan Kulit. STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : TATA KECANTIKAN RAMBUT Program Keahlian : Tata Kecantikan Rambut Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. Hair Stylist : Para siswa tampak serius dalam menjalani pelatihan tata kecantikan rambut. 2.1.7 Multimedia Program keahlian Multimedia membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: 1. Menerapkan pengetahuan prinsip-prinsip seni grafis; 2. Menguasai gambar 2 dimensi ; 3. Menguasai teknik fotografi; 4. Menampilkan hasil fotografi digital dalam sajian Multimedia; 5. Menguasai web design; 6. Menguasai gambar 3 dimensi. STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : MULTIMEDIA Program Keahlian : Multimedia Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. 2.2 SISTEM PEREKRUTAN Tiap tahunnya SMKN 6 Surabaya melakukan perekrutan siswa baru melalui system online menggunakan nilai danem. Data yang masuk melalui system online ini langsung diterima dinas pendidikan, jadi bila ada masalah dalam proses pendaftaran online, maka pihak SMKN 6 Surabaya tidak bertanggung jawab karena kendali utama ada pada dinas pendidikan. Dalam mendaftar calon siswa baru dibolehkan memilih 2 jurusan yang paling diminati, lalu di setiap jurusan tersebut disaring melalui nilai danem tertinggi. Jadi bila di jurusan pertama danem siswa tidak mencukupi atau kalah bersaing dengan danem siswa lain yang lebih tinggi, maka calon siswa tersebut harus rela turun ke pilihan kedua. Untuk perekrutan tenaga pendidik atau guru, SMKN 6 Surabaya mengajukan proposal kebutuhan guru ke Pemerintah Kota (PEMKOT). Setelah guru dikirim , SMKN 6 melakukan penyaringan dengan cara menanyakan SK guru, bila guru tersebut tidak mampu menunjukkan SK maka guru tersebut dikembalikan lagi ke Pemerintah Kota. Saat ini di SMKN 6 terdapat 102 guru yang sudah PNS dan 40 guru yang non-PNS atau tenaga honorer. 2.3 PERATURAN DI SMKN 6 SURABAYA SMKN 6 Surabaya mempunyai aturan-aturan yang wajib dipatuhi entah itu oleh murid maupun guru. Peraturan untuk guru antara lain harus datang tepat waktu, disini peraturannya adalah jam 07.00 harus sudah di sekolah. Wakasek SDM, Bu, Tutik Hariani sudah menyiapkan absensi guru, dari situ kita bisa mengetahui mana guru yang sering terlambat dan mana yang jarang terlambat. Absensi guru dalam 1 bulannya harus mencapai presentase 90% masuk dan tepat waktu. Jika ada guru yang melanggar 1-2 kali maka akan diberi peringatan oleh Wakasek SDM. Apabila guru melanggar sampai 3 kali akan diberi surat peringatan (SP). Sedangkan peraturan untuk siswa hampir sama seperti peraturan yang diberikan oleh guru. Yang membedakan jika siswa tidak masuk sampai beberapa minggu tanpa ada surat keterangan yang jelas maka orang tua siswa akan dipanggil ke sekolah. SMKN 6 Surabaya memiliki MoU ( Memorandum of Understanding ) dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Surabaya. Dengan MoU tersebut menunjukkan bahwa SMKN 6 serius untuk menjadikan siswa yang berkualitas. MoU dengan perusahaan menjadikan siswa SMKN 6 mempunyai program magang bagi siswa semacam praktek kerja industri dan itu diwajibkan bagi setiap jurusan pada semester akhir. Siswa magang di perusahaan yang sesuai dengan jurusannya masing-masing , antara lain di hotel (jurusan akomodasi perhotelan), restaurant (jurusan jasa boga, patiseri), salon (jurusan kecantikan rambut) dan sebagainya. Rata-rata praktek kerja industri atau magang dari setiap jurusan sekitar kurang lebih 4 bulan untuk jurusan kecantikan dan busana serta 6 bulan untuk jurusan akomodasi perhotelan dan jasa boga. Apabila ada siswa yang belum lulus dalam magang, maka siswa akan diberi bimbingan lagi dan melaksanakan magang pada semester depan. MoU dengan perusahaan tentu saja dapat meningkatkan keterampilan tidak hanya dalam bidang akademik tapi dalam non-akademik. Tahun ini ada siswa yang praktek kerja Industri di Malaysia selama 6 bulan. SMK Negeri 6 Surabaya mempunyai fasilitas sarana dan prasarana yang cukup modern, sesuai dengan tuntutan lapangan kerja dan era globalisasi, antara lain: • Gedung berada di atas lahan seluas 2 hektar. • Ruang Praktik dan Unit Produksi dengan peralatan otomatis. • Laboratorium Komputer. • Laboratorium Bahasa Inggris dengan standar nasional. • Sarana Olahraga. • Sarana Peibadatan. • Kafetaria, Butik, dan Salon Kecantikan. • Hotel Kecil ( Margin Hotel ). • Koperasi Siswa. • Area Free Wi-fi. • Aula/gedung Pertemuan. SMKN 6 setiap tahun mengikuti even-even seperti lomba keterampilan pelajar mulai dari tingkat sekolah-regional-nasional hingga internasional. Tentunya yang mengikutinya adalah siswa yang berprestasi, tidak hanya berprestasi dalam teori tapi juga dalam praktek kerja industrinya. Tahun ini SMKN 6 Surabaya mengirim siswa terbaiknya ke Guangzhou, China untuk pertukaran pelajar. Setiap tahun selalu ada yang dikirim, tidak hanya ke China, tapi siswa juga pernah dikirim ke Korea, Jepang, Malaysia dan New Zaeland. SMKN 6 Surabaya juga mengirimkan tenaga pendidik atau guru terbaiknya. Jadi sekolah mengusulkan beberapa guru yang dapat menguasai bahasa inggris dengan baik untuk mengikuti tes di Dinas Pendidikan. Bila lulus, sang guru bisa berangkat mendampingi siswa tersebut untuk pertukaran pelajar. Berikut adalah prestasi SMKN 6 Surabaya di tahun 2009 ; Bulan Februari 2009 :• Juara Harapan II Lomba Rias Wajah & Rambut Remaja, (Dwi Nur Marshafitri III Kecantikan), tingkat kotamadya Surabaya. Tanggal 9 - 13 Maret 2009 : • Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris (LKS 2009), (Ralas Jati Pertiwi III Hotel & Restoran), Tingkat Propinsi - Jawa Timur. • Juara II Lomba Cheff Junior (Masakan Ayam), Sinar - Surabaya. • Juara II Single Putri - Porseni Tenis Meja Tingkat Jawa Timur (Malang). • Juara II Double Putri - Porseni Tenis Meja Tingkat Jawa Timur (Malang). • Juara II Putri - Hockie Antar Pelajar SMA/SMK (Surabaya). • Juara III Lomba Cheff Junior (Tumpeng), Sinar - Surabaya. • Juara III Lomba Cheff Junior (Masakan Ikan), Sinar - Surabaya. • Juara III Festival Olah Bandeng Tingkat Jawa Timur (Surabaya). • Juara III Putra - Hockie Antar Pelajar SMA/SMK (Surabaya). • Penghargaan Festival Rujak Uleg Hari Jadi Kotamadya Surabaya. • Penghargaan Jajanan dari Bahan Pokok Umbi-umbian, Tingkat Jawa Timur (Universitas Malang). Siswa Tata Kecantikan: • Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Umum (Plasa Surabaya). • Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Umum (ITC Surabaya). • Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Surabaya (ITC Surabaya). • Juara II Tata Kecantikan - LKS Tingkat Jawa Timur (Tulungagung). Guru: • Juara III Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Umum (ITC Surabaya). • Juara Harapan Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Umum (Plasa Surabaya). Tanggal 2 s.d 15 Agustus 2009 : • Duta Pertukaran Pelajar ke Korea, Rizky Kurnia kelas 3 Program Keahlian Hotel Restoran, Busan, Korea. Tanggal 17 Agustus 2009 : • TIGA SISWA SEBAGAI ANGGOTA PASKIBRA HUT ke-64 RI, Sugeng, Muchlis, dan Neny, Pemerintah Kota Surabaya. Piala dan medali : Foto diatas adalah beberapa penghargaan atas prestasi siswa SMKN 6 Surabaya. 2.6 VISI SMKN 6 SURABAYA Menghasilkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan perkembangan dunia usaha / dunia industri di tingkat nasional dan internasional. 2.7 MISI SMKN 6 SURABAYA 1. Memberikan pelajaran dan pelatihan secara professional yang dilandasi dengan karakter kebangsaan, iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Menyediakan sarana dan prasarana pelatihan sesuai perkembangan dunia usaha/dunia industri. 3. Meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 4. Mengolah sistem manajemen mutu yang ter-update. 5. Menjalin kerjasama dengan industri nasional dan Internasional dalam pelatihan dan penyerapan lulusan. 6. Meningkatkan pelayanan unit produksi sekolah 2.8 SASARAN MUTU SMKN 6 SURABAYA 1. Tingkat kelulusan siswa setiap tahun sebesar 100% 2. Prosentase kehadiran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan 90% perbulan 3. Pelaksanaan diklat 75% pertahun dari jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan 4. Meningkatkan angka animo masyarakat pada tahun ajaran baru 2011/2012 dengan target 150% dari pagu 5. Keterserapan lulusan 75% diterima di dunia usaha / dunia industri setelah lulusan 6. Ketercapaian 8 pokok penjaminan mutu Perawatan sarana dan prasarana minimal 2 kali pertahunBAB III KESIMPULAN Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari ilmu manajemen, yang berarti merupakan suatu usaha untuk mengarahkan dan mengelola sumber daya manusia di dalam suatu organisasi agar mampu berfikir dan bertindak sebagaimana yang diharapkan organisasi. Organisasi yang maju tentu dihasilkan oleh personil/pegawai yang dapat mengelola organisasi tersebut ke arah kemajuan yang diinginkan organisasi, sebaliknya tidak sedikit organisasi yang hancur dan gagal karena ketidakmampuannya dalam mengelola sumber daya manusia. Agar mampu berperan dalam persaingan global, maka sebagai bangsa kita perlu terus mengembangkan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia. Mutu sumber daya manusia tersebut akan lebih efektif adan efisien jika dikembangkan di lembaga-lembaga pendidikan. Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan mutu sumber daya manusia, pendidikan yang bermutu akan menghasilkan sumber daya manusia yang mutu pula. Dalam dunia pendidikan guru yang professional mempunyai peranan yang penting dalam upaya mengembangkan dan meningkatan sumber daya manusia. Guru yang profesional dituntut mempunyai kinerja yang baik dan professional sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Guru-guru juga memiliki motivasi berprestasi dan mempunyai sikap yang positif terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan. Manajemen sumber daya manusia di SMKN 6 Surabaya telah dilakukan secara konsisten. Hal ini terlihat dari perencanaan yang selalu dibuat di dalam program tahunan SMKN 6 Surabaya. Dalam mengelola sumber daya manusia yang ada, SMKN 6 telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. |
Sayangnya isi dari SMKN 6 Surabaya adalah hanya hasil dari copy paste http://smkn6sby.sch.id/ tetapi tidak dicantumkan. Saya Alumni SMK N 6 SURABAYA 2007 APH 1 sedikit kurang begitu menyukai artikel anda ini.
BalasHapusberapa biaya uang gedung.spp,dll di smk 6 sby
BalasHapus